Home » , » Apa Itu Fastboot Mode Pada Android ? Dan Apa Saja Perintah-perintahnya.

Apa Itu Fastboot Mode Pada Android ? Dan Apa Saja Perintah-perintahnya.

Posted by Kamar Pekick on Saturday, 3 June 2017

Kemarin kita telah membahas dan belajar mengenai pengetahuan tentang Apa sih TWRP dan CWM pada android itu ? sekarang kita akan belajar dan menambah pengetahuan tentang "Fastboot mode dan perintah-perintahnya pada CMD". Mungkin next time kita akan belajar mengenai "cara root xiaomi redmi 4 Prime/Pro serta memasang recovery TWRP". Ok. kita langsung menuju pembahasan : silahkan dibaca ya..!! 


Pada perangkat android tidak hanya ada Recovery Mode, Download Mode, tetapi terdapat juga Fastboot Mode. Akan tetapi tidak semua perangkat android memiliki fitur fastboot mode.
Ok, pertanyaannya : “Apakah Fastboot Mode itu ?”. dari beberapa artikel yang pernah saya baca mengenai definisi fastboot mode dan saya rangkum dan mencoba memaparkannya dengan bahasa yang mudah kita pahami agar bertambah pengetahuan kita mengenai perangkat android.

Fastboot Mode pada fitur android adalah :sebuah tool atau pun aplikasi tertentu yang terdapat pada sebuah system android yang berfungsi untuk mengenali atau membaca sebuah ID Device/perangkat baik yang dapat dihubungkan melalui kabel USB dengan komputer/laptop maupun berjalan pada perangkat itu sendiri dengan memasukan sebuah perintah-perintah pada layar hitam(CMD maupun terminal pada android)yang dapat digunakan untuk mem-flash ulang partisi pada perangkat android, melakukan recovery, maupun instalasi dan melakukan pembaharuan(upgrade)firmware. 

http://trendblog.net/flash-android-4-4-factory-images-nexus-4-nexus-7/
Secara fungsi, fastboot mode hampir sama dengan recovery mode, hanya saja fastboot mode ini dapat bekerja lebih cepat sebelum Os android itu booting atau start awal dan dapat juga memperbaharui firmware dengan cepat sekalipun tidak ada Os android yang berjalan maupun terpasang, fastboot mode tetap akan melakukan pekerjaannya asalkan system device/perangkat android kita masih terdeteksi atau dikenali pada fastboot mode (android tidak mati total atau rusak MMC Flash).

Fastboot mode merupakan bagian dari tool SDK (Software Developer Kit)dan dapat dijalankan melalui kabel USB yang telah terpasang antara perangkat android dengan pc/laptop. Dengan catatan pc/laptop harus sudah terpasang driver atau android interface (ADB dan SDK) untuk perangkat android tersebut yang nantinya akan menampilkan ADB Devices, dimana “Adb” ini singkatan dari “Android Debug Bridge” yang merupakan sebuah alat/media komunikasi atau protokol yang menghubungkan antara perangkat android dengan pc/laptop untuk menandakan bahwa perangkat android sudah terkoneksi dan terdeteksi.

Adapun perintah-perintah dalam fastboot mode adalah sebagai berikut:
Fastboot mode dan perintah-perintahnya.
  • fasboot Devices ->untuk melakukan pengecekan koneksi antara perangkat android dengan pc/laptop, terhubung atau tidaknya.
  • fasboot  reboot-bootloader ->untuk melakukan reboot pada bootloader perangkat android.
  • fastboot flash recovery recovery.img ->untuk melakukan recovery
  • fastboot flash boot nama_boot.img ->untuk flashing kernel atau 
    custom rom
  • fastboot flash data data.img ->untuk menghapus data
  • fastboot flash cache cache.img ->untuk menghapus cache
  • fastboot reboot ->untuk memulai ulang perangkat android
  • fastboot reboot-bootloader ->untuk memulai ulang ke mode fastboot
  • fastboot reboot recovery ->untuk memulai ulang ke recovery
  • fastboot format system ->untuk wipe/format system
  • fastboot format data ->untuk wipe/format data
  • fastboot format cache ->untuk wipe/format cache
  • fastboot oem device-info ->untuk memeriksa status bootloader
  • fastboot oem unlock ->untuk membuka kunci(unlock)bootloader
  • fastboot oem lock ->untuk mengunci(lock)bootloader
  • fastboot unlock-info ->untuk memeriksa status
Mohon maaf apabila ada penjelasan atau penyampaian yang kurang 
berkenan, mohon ditambahkan atau pun dibetulkan agar kita dapat 
sama-sama belajar untuk menambah wawasan serta pengetahuan kita. 
 

Menulis Dapat Duit

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

4 komentar: