Home » , » Pertunjukan Musik (SBK X)

Pertunjukan Musik (SBK X)

Posted by Kamar Pekick on Wednesday, 4 April 2018



PERTUNJUKAN MUSIK
A.  Pengertian Pertunjukkan Musik
Sesuai dengan pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , istilah pertunjukan berarti sesuatu yang dipertunjukkan atau tontonan (bioskop, wayang, dan sebagainya), atau juga pameran. Mengacu pada pengertian itu maka apakah pengertian dari pertunjukan musik.
Arti pergelaran dalam dunia seni pertunjukan, terutama seni musik adalah mempergelarkan atau menyajikan karya seni musik di hadapan masyarakat yang menyaksikan. Bentuk penyajiannya bermacam-macam baik secara perorangan maupun kelompok.

           
Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia. Karena musik memiliki jiwa, hati, pikiran, dan kerangka sebagai penyangga tubuh layaknya seorang manusia, pertunjukan musik sebagai salah satu budaya dari manusia yang lahir dari perasaan dan hasil ungkapan yang berbentuk ucapan. Musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira.


B.  Bentuk penyajian pertunjukan musik
1.   Music vocal
Yaitu jenis karya music yang hanya menampilkan suara manusia saja. Penyajian music vocal melambangkan kedamaian, keagungan dan kemegahan.

Bentuk penyajian music vocal yaitu :
a.    Solo : bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan hanya oleh satu orang penyanyi.
b.   Duet adalah : bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh dua orang penyanyi yang biasanya menggunakan dua melodi suara yang berbeda.
c.   Trio adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh tiga orang penyanyi yang masing-masing sura / melodinya berbeda satu dengan lainnya.
d.   Kwartet adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh empat orang penyayi yang melodinya berbeda.
e.   Vokal grup adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan paling sedikit empat orang yang dengan harmoni empat suara dengan diiringi oleh alat musik pengiring. Alat musik pengiring tersebut dapat berupa piano maupun gitar.
f.   Paduan Suara adalah bentuk terbesar dari penyajian musik vokal karena dapat dilakukan oleh minimal 15 orang yang biasanya dibagi menjadi empat suara.

2.  Musik instrumental
Bentuk penyajian karya musik yang menggunakan instrument/alat musik saja. Bentuk penyajian musik instrumental  melambangkan kebersamaan dan harmonisasi bunyi. Bentuk penyajian musik instrumental dapat berupa :
a. Solo : Yaitu bentuk penyajian musik yang hanya menggunakan satu alat music saja.
b. Duet : Yaitu bentuk penyajian yang menggunakan dua alat music yang berbeda.
c. Trio : Yaitu bentuk penyajian music yang menggunakan tiga alat music yang berbeda.
d. Kwartet : Yaitu bentuk penyajian music yang menggunakan empat alat music yang berbeda.
  e.  Orchestra Adalah kelompok musisi yang memainkan alat musik bersama

3. Campuran adalah  bentuk penyajian musikk yang menggabungkan antara vocal dengan instrumental. Bentuk penyajian ini melambangkan kebersamaan dan harmonisasi bunyi. Adapun bentuk penyajiannya dapat berupa :
a.   Band
b.   Orkresta
c.   Ensemble

C.  Unsur-unsur pertunjukan musik
Unsur-unsur pergelaran musik meliputi:
a. Materi-sajian
Materi sajian adalah bentuk karya seni karawitan yang akan disajikan dengan maksud dan tujuan pergelaran, karena baik buruknya suatu materi sajian tergantung pada tujuan penyelenggara pergelaran. Maksud dan tujuan suatu pergelaran itu banyak sekali baik dalam pergelaran kecil maupun dalam pergelaran besar.
 b. Pemain
      Pemain adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam kegiatan seni, baik sebagai juru sekar, juru gendang, maupun yang memainkan suatu pemeran seorang tokoh yang dimaksud dalam suatu materi sajian. Pergelaran pemain adalah merupakan unsur terpenting dalam pergelaran karena materi sajian pergelaran dalam hal ini secara langsung dipertontonkan oleh seorang pemain. Kesuksesan serta keberhasilan suatu pergelaran tergantung pula kepada pemain. Oleh karena itu seorang pemain harus benar-benar siap pentas, dalam arti siap segala-galanya baik mentalitas maupun penguasaan materi sajian. Sehingga dapat bermain dengan sempurna serta dapat memberika suatu kepuasan kepada penonton.
c. Sarana
Sarana merupakan unsur pendukung yang tidak boleh dianggap enteng dalam suatu pergelaran. Karena unsur sarana sangat berpengaruh banyak terhadap kesuksesan dan keberhasilan dalam pencapaian tujuan pada suatu pergelaran.
Unsur sarana meliputi, tempat pergelaran dan hal yang digunakan dalam pergelaran seperti: dekorasi, pentas, tata cahaya, saund system, tata rias, tata busana, dan lain-lain.
d.  Penonton
Menonton suatu pergelaran karawitan adalah merupakan sebagian dari kebutuhan hidup yang menyenangkan. Jadi dengan menonton pergelaran karawitan, orang dapat melepaskan diri sejenak dari kejenuhan dan kejemuan sehari-hari. Kepuasan yang didapat akan  melahirkan kebahagiaan bagi penonton. Karena itu penonton menginginkan materi sajian yang menyenangkan. Apabila sajian pergelaran itu tidak memuaskan hal ini dapat menimbulkan kekecewaan bagi penonton, kadang-kadang penonton dengan spotanitas melontarkan tanggapannya baik kekagumannya maupun kekecewaannya karena tidak puas. Dengan demikian penonton adalah merupakan salah satu unsur yang penting dalam suatu pergelaran.
e.  Penyelenggara
       Pergelaran melputi bagian yang bersifat management dan bagian yang langsung berurusan dengan kegiatan seni. Yang dimaksud dengan bagian management yaitu kumpulan orang- orang yang melakukan suatu kegiatan dalam mengurus operasional pergelaran yang dipimpin oleh produser. Di sekolah biasanya dipimpin oleh ketua panitia atau oleh Kepala Sekolah.
Bagian ini mengurusi tentang memeroleh dana dan cara penggunaannya seta mempersiapkan keperluan- keperluan penyelenggaraan pergelaran, seperti; perijinan, tempat pergelaran, perlengkapan- perlengkapan pergelaran, konsumsi, transportasi akomodasi, dan penonton. Bagian yang berlangsung dengan kegiatan seni yaitu kumpulan orang- orang yang melakukan suatu kegiatan khusus sesuai dengan tugasnya masing- masing.

 Unsur – unsur dalam pertunjukkan musik dibedakan menjadi empat kelompok
a. Kelompok orang – orang yang bekerja dibelkang panggung atau para teknisi panggung.
b. Para seniman penyaji atau pelaku yang mendukung langsung pertunjukkan diatas pentas.
c. Kelompok orang – orang yang mengurus gedung pertunjukkan dan melayani penonton.
d. Seksi- seksi kecil lain yang terlibat dalam pertunjukkan musik.

Berikut  penjelasan dari unsur – unsur dalam pertunjukkan musik.
a.       Petugas dibelakang panggung.
Bidang – bidang pekerjaan dibelakang panggung meliputi : penataan panggung, penataan busana, penataan cahaya, penataan suara, pengurusan peralatan dan perlengkapan panggung.
b.      Seniman pelaku/penyanyi.
Dalam pertunjukkan musik para seniman penyaji terdiri atas konduktor ( pemimpin
musik ), concert master ( asisten konduktor ), anggota pemain musik dan leader
(pemimpin perseksi instrumen ).

c.   Petugas gedung dan pelayanan penonton.
Sebuah pertnjukkan hanya dapat terjadi jika dihadiri penonton dan dalam peretunjukkan profesional penonton menyaksikan pertunjukkan dengan membeli tiket/tanda masuk.

d.   Seksi – seksi.
Seksi – seksi kecil lain yang terlibat dalam pertunjukkan musik diantaranya :
a. Musik director.                                            j.  Lighting assistant.
b. Concert master.                                           k. Assistant Sound Engineering
c. Composer dan arranger.                              l.  Art direvtor
d. Manager operasional.                                  m. Partising.
e. Sekretaris.                                                    n. Publikasi dan humas.
f. Bendara.                                                      o. MC.
g.      Sek                        g. Seksi perlengkapan.                                    p. Tim kostum dam make up.
h.      Seksi                         h. Seksi dokumentasi.                                     q. Seksi keamanan.
i.  Seksi konsumsi.

D.  Maksud dan Tujuan
Baik tidaknya suatu pergelaran dapat di ukur dengan melihat bagaimana respon dan tanggapan serta perhatian penonton selama pergelaran itu berlangsung. Kadang-kadang ada suatu pergelaran yang di tinggalkan oleh penonton ini menandakan bahwa pergelaran itu tidak dapat berkomunikasi dengan penontonnya. Maksud dan tujuan pergelaran diantaranya adalah,
–    Untuk hiburan dalam acara tertentu
–    Untuk menghibur masyarakat
–    Untuk apresiasi
–    Untuk ucapan khusus
–    Untuk komersial
–    Supaya kesenian tidak hilang
–    Supaya kesenian dilestarikan
Agar pertunjukan dapat dilaksanakan dengan baik, maka persiapan yang dilakukan harus matang. Adapun langkah- langkah persiapan dalam penyelenggaraan pergelaran
1.       Perorganisasian Pergelaran
Maksudnya adalah dalam sebuah pergelaran ada perorganisasiannya dalam kata lain kepengurusan kepanitiaan. Karena itu merupakan sarana komunikasi untuk mengatur dan mengarahkan semua potensi demi mencapai tujuan atau sasaran pergelaran.
Perorganisasian disekolah dapat menggunakan cara:
•    Penanggung jawab                        : Kepala Sekolah
•    Koordinator Pergelaran                 : Guru muatan lokal kesenian
•    Ketua Pelaksana                            : Ketua OSIS
•    Wakil Ketua                                  : Wakil ketua OSIS
•    Sekertaris                                      : Siswa
•    Bendahara                                     : Siswa
•    Seksi-seksi            
 – Seksi sarana dan prasarana
– Seksi latihan
– Seksi konsumsi

2.   Menentukan Tema, Sasaran, Materi Sajian, serta Artis
Dalam suatu pergelaran kita harus menentukan tema dan sasaran atau tujuan serta materi sajian. Untuk menentuakan tema kita harus menentukan tujuan dan sasaran terlebih dahulu. Apabila sasaran dan tema telah ditentukan, maka kita dapat menyusun materi sajian yang akan ditampilkan.
3.   Pelaksanaan Latihan
Dalam pelaksanaan latihan sangat diutamakan rasa tanggung jawab, sungguh-sungguh, serius, dan tepat waktu. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan pergelaran.
4.   Evaluasi Latihan
Bertujuan untuk mengukur kesiapan dalam pergelaran apabila belum siap pentas, maka kita dapat mengintensifkan latihan dengan menambah waktu latihan.
5.   Menyiapkan Sarana Pergelaran
Agar penyelenggara pergelaran dapat terlaksanakan dengan baik maka sarana yang perlu di cek terlebih dahulu.
6.   Gladi Resik
Adalah latihan terakhir yang biasanya dilaksanakan ditempat pergelaran, seolah-olah benar-benar sedang melaksanakan pergelaran. Hal ini bertujuan agar pemain dapat menguasai pentas.
7.   Melaksanakan Pagelaran
      Sesuai langkah-langkah dalam pagelaran kita terlebih dahulu harus menyusun kepengurusan pagelaran dan harus melaksanakan tugasnya. 
a.   Ketua pelaksana
Bertugas untuk mengatur segala hal dalam penyelengaraan pergelaran, mampu berkomunikasi, dan berkerjasama antara kepala sekolah maupun siswa dan juga memiliki sifat kepemimpinan.
b.   Wakil ketua
Bertugas untuk mendampingi ketua, atau menggantikan ketua bila ketua berhalangan, dan memberikan dorongan untuk memperlancar kegiatan.
c.   Sekertaris
Bertugas untuk mencatat notula semua kegiatan kepengurusan selama penyelenggaraan pergelaran, dan juga membuat laporan kegiatan sebelum dan setelah penyelenggaraan pergelaran.
d.   Bendahara
Bertugas sebagai penerima, penyimpan dana yang masuk dalam pembiayaan pergelaran, dan bertanggung jawab atas penggunaan keuangan.
e.   Seksi sarana dan prasarana
Bertugas untuk mengurus dan melayani serta mempersiapkan alat-alat yang diperlukan dalam pergelaran.
f.    Seksi latihan
Bertugas untuk penangguang jawab dalam latihan, menyusun jadwal latihan, serta mengevaluasi setiap latihan.
g.   Seksi konsumsi
Bertugas untuk memberikan konsumsi selama pergelaran bagi panitia, para undangan, dan para pemain.

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment