Home » , , » Kenapa File Tidak Muncul (Hilang) Di Flashdisk ?

Kenapa File Tidak Muncul (Hilang) Di Flashdisk ?

Posted by Kamar Pekick on Saturday, 10 March 2018

Assalamualaikum.
Pada tulisan kali ini kita sama-sama akan belajar "cara mengembalikan file yang hilang (ter-hidden) di fd". Mengembalikan file yang hilang di fd ini, bukan karena file tersebut sengaja kita hapus atau tidak sengaja terhapus, melainkan file dalam fd kita tiba-tiba hilang tanpa kita sadari sebelumnya. Mungkin sebagian teman-teman pernah menjumpai problem seperti ini, setelah membuka fd tiba-tiba sebagian file/folder tidak ada atau bisa dibilang hilang, seperti gambar dibawah ini :
Bisa teman-teman perhatikan, pada gambar disebelah kiri, kapasitas fd sudah berisikan data atau terpakai untuk menyimpan file/data. Dan pada gambar disebelah kanan, setelah fd di buka, ternyata tidak ada file/data sama sekali (kosong), padahal di waktu sebelumnya file/data di dalam fd tersebut bisa terlihat atau muncul tidak hilang seperti gambar yang berada di sebelah kanan.

Dari gambar di atas kita dapat mengambil kesimpulan, 
*Kesimpulan yang pertama: Fd kita telah terkena virus.
Pertanyaannya: kenapa fd bisa terkena virus ?
Fd bisa terkena virus dikarenakan sering digunakan untuk memindahkan file/data dari laptop/pc satu ke pc lainnya ataupun ke banyak pc. contohnya: ada pc yang memang sudah terinfeksi virus karena kita tidak mengetahuinya, kemudian kita hubungkan fd kita ke pc tersebut untuk mentrasfer data, secara tidak langsung virus dari pc itu akan merasuk ke sistem data yang ada di fd kita. Virus yang sering terjadi atau kita jumpai adalah folder/file berubah menjadi ekstensi "Shortcut".

*Kesimpulan ke dua: Data/file di dalam fd kita telah disembunyikan (ter-Hidden).
Adakalanya data/file di dalam fd kita pun ter-hidden oleh virus, sehingga ada sebagian folder/file tidak muncul (hilang), dan terkadang ada juga problemnya dari pengaturan si pc tersebut, namun untuk pengaturan dari pc itu sendiri jarang sekali ditemukan data/file terhidden, karena pc sudah dalam pengaturan otomatis untuk menampilkan berkas, terkecuali seperti pengaturan berkas pada windows (tempat penyimpanan installasi) ada beberapa folder yang memang sengaja di sembunyikan oleh sistem windows, contohnya: kita buka Local Disk (C:), sobat tidak akan menemukan folder "Program Data", dan di folder Users setelah kita buka maka akan terdapat folder dari nama pc sobat dan Public, tidak ada folder dengan nama Default.
Setelah membuka folder dari nama pc sobat, silahkan sobat cari folder "App Data", ada atau tidaknya folder tersebut, kalau tidak ada, itulah yang dimaksud dengan data yang sengaja di sembunyikan oleh pengaturan sistem windows.

Lalu bagaimana cara menampilkan folder yang memang sengaja disembunyikan oleh sistem windows ? Caranya adalah dengan beberapa langkah, seperti gambar dibawah ini :
Klik View (1), Beri ceklis pada box Hidden Items (2), Folder tersembunyi akan muncul (3). apabila tidak ada tampilan seperti diatas maka harus melalui Control Panel -> pada kolom search, ketikan "Folder Options", lalu buka -> pilih tab View, lalu klik Show hidden files, folders, and drives -> Apply dan Ok.
Cara itu digunakan untuk menampilkan folder yang memang sengaja disembunyikan oleh sistem windows, apabila data di fd kita, memang sengaja atau tidak disengaja disembunyikan, maka cara itu sangat efektif untuk melihat semua folder yang terhidden.

Setelah kita memahami dari kesimpulan serta penjelasan di atas, sakarang kita asumsikan bahwa fd kita terkena virus shortcut dan file terhidden (disembunyikan), maka untuk memperbaiki masalah tersebut kita dapat menggunakan bantuan CMD (Command Prompt) untuk memunculkan folder/file yang terhidden dikarenakan fd kita telah terinfeksi oleh virus.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Buka CMD -> Run Administrator
2. Masuk ke fd kita, dengan cara kita ketikan " f: " (tanpa tanda kutip) lalu Enter
    /*karena fd saya berada di (F:) maka saya ketikan -> f: -> enter
3. Maka akan menampilkan F:\>  lalu ketikkan -> attrib -s -h -r *.* /s /d -> Enter
4. Tunggu proses sampai kembali lagi ke F:\>
5. Setelah itu buka Fd kita, apabila berhasil maka folder/file yang terhidden akan muncul kembali, serta file/folder yang berekstensi shortcut akan muncul sesuai dengan data aslinya, tinggal kita delete semua file-file yang berekstensi shortcut tersebut.
Gambar diatas adalah folder yang terhidden dan telah muncul kembali  

Sampai di sini dulu pelajaran kita hari ini dalam judul "cara menampilkan file yang hilang (ter-Hidden di fd". Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dalam penulisan serta penjelasan yang kurang pas sehingga membuat teman-teman kesulitan untuk mengerti dari cara penyampaian saya.
Wassalam.

Menulis Dapat Duit

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment