Home » , , » Cara Membuat File ISO Windows

Cara Membuat File ISO Windows

Posted by Kamar Pekick on Monday, 8 January 2018

Sebelum kita belajar cara membuat file .ISO dan dipergunakan untuk membuat bootable ke flashdisk untuk keperluan instalasi windows, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dan pengertian dari file ISO tersebut.
File ISO (International Organization for Standardization) adalah jenis file arsip yang memungkinkan pengguna untuk menyalin isi dari seluruh drive atau disk. Seperti halnya file winrar yang dapat mengkompres file dan isi folder.

Namun file ISO sendiri tidak dikompres bisa dikatakan hanya mengandung banyak file-file yang telah dikumpulkan menjadi satu agar lebih mempermudah dalam proses pentransferan.
Biasanya file iso ini sering digunakan untuk menyalin server, hardisk, membakarnya ke disk (burning), atau sebagai pengganti CD.

Apabila kita ingin membuat bootable dari file ISO, maka dikenal dengan nama Image Disk (ISO Image) adalah arsip file dari sebuah optical disk, yang terdiri dari isi data setiap sektor optical disk yang termasuk file system disk optic dan mencangkup semua file yang terdapat pada CD, DVD, Blu-Ray disk atau format disk lainnya. Fitur yang paling penting dari ISO Image adalah dapat dengan mudah di burning ke CD, DVD dengan media perangkat lunak authoring atau disc burning.



Banyak software yang digunakan untuk membuat dan membuka atau mengekstrak file ISO serta untuk instalasi program (mount iso), diataranya adalah :
-Daemontools
-PowerIso
-UltraIso
-MagicIso
-IMGBurn
-ISODisk
-DoISO
-dll

Setelah kita tahu tentang pengertian dan kegunaan file ISO, maka sekrang kita masuk ke prakteknya yaitu cara membuat file ISO dan dipergunakan untuk membuat bootable ke flashdisk untuk keperluan instalasi windows. Ada banyak cara membuat file ISO denga menggunakan software diantaranya sudah saya sebutkan tadi diatas macam-macam softwarenya.

Namun dalam membuat file ISO, saya lebih sering menggunakan software UltraISO dan WinRAR. Oke langsung ketahap pembuatan file ISO. Yang pertama menggunakan WinRAR, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
-Pastikan komputer/laptop sobat sudah terinstal WinRAR, kalau belum punya silahkan ambil disini -> WinRAR v5.50 Full Version
-Instal seperti biasa dan pastikan beri centrang (ceklis) pada ISO
-Cari folder yang akan dibuat menjadi ISO ex:folder windows8
-Klik kanan -> add to archive -> rubah extensi menjadi.iso
Ex:windows8.rar rubah menjadi windows8.iso
-Klik Ok dan tunggu prosesnya sampai selesai

Cara kedua dengan menggunakan software UltraISO.
-Download UltraISO disini -> UltraISO Full Version
-Matikan internet dan instal seperti biasa, setelah selesai buka key of ultra iso.txt agar menjadi full version
-Buka software ultraiso
-Cari folder yang ingin dijadikan ISO pada kolom sebelah kiri bawah
-Klik folder tersebut, maka otomatis akan muncul file dan folder disebelah kanannya
-Pilih semua file dan folder, lalu drag ke atas
-Klik Save dan buat nama file ISO tersebut kemudian tunggu prosesnya sampai selesai
-File ISO yang sudah jadi dapat dilihat di Documents -> Folder MY ISO Files
Apabila sobat bingung, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut

Mungkin itu saja cara membuat file .ISO dan dipergunakan untuk membuat bootable ke flashdisk untuk keperluan instalasi windows. Next time kita akan belajar cara membuat Flashdisk menjadi bootable dengan menggunakan file ISO IMG yang telah kita buat. Mohon maaf apabila ada penyampaian dan penjelasan yang masih banyak kesalahannya dari tulisan saya ini.

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment