Home » » Seni Budaya - Macam-Macam Alat Dan Jenis Musik

Seni Budaya - Macam-Macam Alat Dan Jenis Musik

Posted by Kamar Pekick on Thursday, 23 November 2017



Jenis-Jenis Alat Musik dan Contohnya
Berdasarkan cara memainkannya, alat musik terbagi menjadi lima jenis: 
 1. Alat musik tiup
Sesuai dengan nama jenisnya, cara memainkan alat musik ini adalah dengan ditiup. Cara meniupnya pun mempunyai aturan dan berbagai teknik. Ada yang harus ditiup dengan tipis, sedang ataupun sekuat tenaga. Alat musik tiup memiliki lubang-lubang tuts pada nadanya, jadi suara yang berbunyi tidak selalu sama.
Contoh alat musik tiup adalah: harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon, clarinet dan sebagainya.
2. Alat musik pukul
Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul, biasanya dipukul dengan tangan atau benda-benda pukulan seperti stik. Alat musik ini cenderung tidak mempunyai tangga nada dan kunci yang khusus, nada-nada yang digunakan sifatnya hanya melengkapi. Biasanya saat pertunjukan, alat musik pukul dilatih belakangan setelah iringan alat musik lainnya mendapatkan nada, jadi semua iringan terdengar selaras.
Alat musik pukul terbagi menjadi dua macam:
Alat musik pukul yang mempunyai nada : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira, glockenspiel dan lain-lain.
Alat musik pukul tidak mempunyai nada: gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.
3. Alat musik gesek
Alat musik gesek merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Hampir sama fungsinya seperti alat musik pukul, yaitu sebagai alat musik pelengkap. Biasanya menjadi alat musik utama pada pertunjukan opera atau broadway dan konser orkestra. Cara memainkan alat musik gesek mempunyai teknik-teknik khusus, harus melibatkan perasaan saat menggesek.
Contoh alat musik gesek adalah: biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain
4. Alat musik petik
Alat musik petik adalah jenis alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik. Alat musik ini terkenal banyak peminat yang menyukainya, meskipun tergolong alat musik yang cukup sulit untuk dipahami. Tingkat kesulitannya berada pada kunci-kunci nadanya.
Contoh alat musik petik adalah: Gitar, Ukulele, Bas, Mandolin, Harpa, Banjo, Kecapi, Clarinet, Sasando, Siter.
5. Alat musik sentuh
Alat musik sentuh atau biasa disebut dengan alat musik tekan adalah alat musik yang cara memainkannya cukup dengan ditekan. Umumnya jenis alat musik ini terbagi menjadi dua, yaitu alat musik tekan elektronik dan alat musik tekan manusia. Yang menjadi perbedaan antara dua jeni alat musik tekan ini adalah di tuts yang ditekan dan efek suara yang ditimbulkannya juga bervariasi. Biasanya alat musik sentuh dimainkan pada acara-acara pertunjukkan besar.
Contoh alat musik sentuh adalah: Piano, Organ, Keyboard.

Berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkannya, alat musik terbagi menjadi lima jenis :
Aerophone : yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara sudah bergetar karena hasil tiupan atau pompaan seperti flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone dan horn adalah jenis alat musik yang cara memainkkanya dengan di tiup. Akordion adalah jenis alat musik yang cara memainkannya dengan dipompa.
Idiophone : yaitu alat musik yang sumber  bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang jika dipukul akan menimbulkan sumber suara seperti bellira, calung, angklung, kulintang dan perangkat gamelan.
Elektrophone : yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari  rangkaian elektronika yang sudah ada di dalam alat musiknya seperti keybord, organ elektrik, gitar elektrik dan bass elektrik.
Membranophone : yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari getaran pada selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastik seperti, tamborin, rebana, bedug, drum set, ketipung, bongon, konga dan tympani.
Chordophone : yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari rangkaian dawai yang dipetik, digesek ataupun ditekan seperti gitar, harpa, mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas, biola, viola, cello, double bass, rebab dan piano akustik.
Berdasar fungsi alat musiknya sendiri, alat musik terbagi menjadi tiga jenis : 
Alat musik melodis : yaitu alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan sebuah nada atau melodi lagu, seperti seruling, saksofon, pianika, harmonica, flute, terompet dan rekorder.
Alat musik ritmis : yaitu alat musik yang berfungsi menghasilkan irama atau ritme saat dimainkan seperti ketipung, konga, bongo, bass, drum set dan kendang.
Alat musik harmonis : yaitu alat musik yang berfungsi menghasilkan paduan nada atau akor saat dimanikan seperti gitar, piano, kerybord dan organ.

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment