Home » » Root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (4.4.4)

Root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (4.4.4)

Posted by Kamar Pekick on Saturday, 6 May 2017

Pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan tips untuk pengguna android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Kitkat 4.4.4) yang ingin di root. Dalam melakukan Root pada handphone android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H yang berversi Os kitkat dapat di lakukan dengan menggunakan laptop ataupun dengan handphone android itu sendiri.

Apabila proses pengerootan melalui handphone, aplikasi yang di gunakan adalah KingRoot, Kingoroot, Framaroot, Rootgenius dan lain-lain. Dalam melakukan proses pengerootan tersebut kita membutuhkan koneksi data dan terhubung ke internet. Dan apabila dalam proses pengerootan melalui internet tersebut failed, sudah di pastikan handphone tersebut telah mengalami gagal root.

Sedangkan apabila root sukses, namun icon root tidak  muncul pada menu homescreen, hal yang harus kita lakukan adalah kita harus mendownload Root Checker kemudian jalankan dan lihat status notifikasinya. Jika iya, berarti handphone android tersebut mengalami gagal root.
Untuk mengatasi handphone android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Kitkat) yang selalu gagal root, kali ini kita akan mengatasinya dengan menggunakan laptop/komputer dan sebuah software untuk pengerootannya.
Mari kita mulai step by stepnya dengan mempersiapkan bahan-bahannya:
1. Kopi hitam atau kopi susu sesuai keinginan sobat
2. Sediakan cemilan jika ada
3. Berdoa sebelum melakukan eksekusi
4. Download Usb driver for samsung disini -> USb Driver For Samsung
5. Download Odin v3.07 atau v3.09 disini -> Odin v3.07 atau Odin v3.09
6. Download file 2_cache_recovery_stock_mohan_sm-g530h.tar.md5 disini -> File 2_cache_recovery_stock_mohan_sm-g530h.tar.md5
7. Downlod file 1_cfroot_sm-g530h_mohan.tar.md5 disini -> File 1_cfroot_sm-g530h_mohan.tar.md5
8. Atau download keseluruhan file nya disini -> File Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Kitkat)

Setelah bahan-bahan diatas sudah tersedia, mari kita lakukan pengerootan. Proses pengerjaannya sebagai berikut:
1. Instal driver samsung yang telah di download, restart komputer/laptop

2. Ekstrak file yang berformat .rar

3. Buka software Odin v3.07 atau v3.09

4. Masukan kabel Usb hingga terdeteksi, contohnya menampilkan port (COM:13) pada odin. Apabila Usb tidak terdeteksi, hidupkan handphone  lalu masuk ke pengaturan kemudian pilih tentang telepon, tekan nomor versi android sebanyak 7x atau 10x cari Usb Debugging lalu beri tanda ceklis kemudian matikan handphone dan tunggu beberapa saat, setelah itu, kombinasikan tombol Volume Bawah+Home+Power hingga masuk pada mode Download dan tekan volume atas.

5. Setelah Usb terdeteksi, buka menu AP atau PDA lalu masukan file 2_cache_recovery_stock_mohan_sm-g530h.tar.md5, Re-Partition jangan di ceklis, lalu eksekusi dengan menekan tombol start tunggu hingga proses menampilkan reset dan tunggu handphone akan merestart sendiri.

6. Setelah handphone masuk ke homescreen, matikan kembali handphone sobat dan masuk kembali ke mode download, lalu buka Odin kembali dan pilih AP atau PDA lagi, kemudian masukan file 1_cfroot_sm-g530h_mohan.tar.md5 tunggu hingga proses reset selesai setelah itu handphone akan merestart kembali.

7. Setelah masuk ke homescreen cari icon SuperSu, apabila ada icon tersebut berarti handphone sobat sudah berhasil di root, untuk memastikannya buka kembali aplikasi Root Checker, apabila handphone dan versi Os-nya terdeteksi dan menampilkan status handphone teroot, dengan demikian cara root dengan menggunakan aplikasi Odin menuai sukses dan keberhasilan.

Demikian cara meroot handphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Kitkat). Saya telah mencobanya tadi pagi dan berhasil tanpa pasang CWM. Untuk pemasangan CWM sobat bisa mencari filenya di situs-situs yang tersedia, dan untuk melakukan root samsung grand prime SM-G530H yang ber-Os Lollipop dapat melakukan pemasangan TWRP dan menggunakan file yang berbeda.
Mohon maaf apabila penulisannya agak sedikit berantakan, dikarenakan saya terburu-buru dan ingin berangkat kerja. jadi ada baiknya saya tulis terlebih dahulu agar saya tidak lupa.. hehehehe..

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment