Home » , , , » Permasalahn SIM Card Tidak Terdeteksi Pada Hp Android

Permasalahn SIM Card Tidak Terdeteksi Pada Hp Android

Posted by Kamar Pekick on Friday, 12 May 2017

Pernahkah kita mengalami sebuah permasalahan pada Sinyal dan SIM Card kita yang membuat nomor telepon kita dan operator jaringan tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada handphone android yang menampilkan tidak ada layanan dan tanda silang pada SIM Card yang sedang kita gunakan sehingga kita sempat menyalahkan pihak operator jaringan karena kejadian tersebut, namun setelah menunggu beberapa lama sinya dan SIM Card yang sedang digunakan tidak kunjung menampakan sinyal dan tetap tidak ada layanan pada handphone, sehingga dapat membuat kita merasa kesal sendiri. Hehehe

Mungkin salah satu penyebabnya kenapa handphone dan SIM Card yang sedang kita gunakan tidak terdeteksi dan tidak ada layanan jaringan dikarenakan faktor berikut:
1.Slot SIM Card yang rusak
2.SIM Card yang telah rusak
3.IMEI yang hilang (NULL, INVALID, 0)
4.IC SIM Card mengalami kerusakan (Hardware)

Untuk mengetahui apakah kerusakan itu disebabkan oleh SIM Cardnya atau kerusakan itu disebabkan oleh Handphone itu sendiri. Kita dapat melakukan pengecekan serta perbaikan dengan beberapa cara diantaranya adalah:

1. Lakukan pemindahan SIM Card ke Handphone yang lain.
Setelah kita memindahkan SIM Card tersebut dan ternyata SIM Card tersebut terdeteksi atau terbaca oleh Handphone yang lain kemudian menampilkan sinyal dan nomor telepon dapat digunakan untuk  melakukan panggilan dan megirim pesan kenomor orang lain, berarti handphone yang kita gunakan itu mengalami kerusakan pada bagian Slot SIM Cardnya.

2. Masukan SIM Card yang lain ke Handphone.
Maksud dari masukan SIM Card yang lain ke handphone adalah, kita menggunakan SIM Card yang baru atau SIM Card yang masih aktif, (bisa beli kartu telepon yang baru ataupun meminjam kartu teman/ibu/bapak/adik/kakak maupun saudara hehehe). Apabila tidak terdeteksi dan tidak ada layanan (no service), kemungkinan kerusakan masih sama yaitu dari Slot SIM Card pada handphone tersebut.

3. Periksa ketersediaan IMEI dan BASEBAND pada perangkat
Lakukan pengecekan IMEI dan Baseband pada handphone dengan mengetikan *#06# atau masuk ke menu setting ->tentang telepon -> periksa Basebandnya lalu ->status dan informasi ->cek IMEI.
Apabila Baseband tidak ada atau tidak diketahui (unknown) dan IMEI NULL, Invalid atau 0, hal itu dapat menyebabkan SIM Card dan operator jaringan menjadi tidak tersedia dan tidak dapat digunakan. Handphone harus di flashing ulang atau memasukan IMEI dan Baseband dengan bantuan aplikasi (software).

4. Bersihkan Slot SIM Card
Coba bersihkan slot SIM Card dengan penghapusan atau tiner maupun alkohol, mungkin karena adanya kotoran yang menyumbat di bagian kuningan sehingga membuat SIM Card tidak terdeteksi.

Adapun faktor yang menyebabkan handphone Tidak dapat mendeteksi SIM Card dikarenakan oleh kegagalan Hardreset/Factory Reset, proses Flashing, mengedit Buildprop dan Framework res, mengganti Rom dan Custom Rom, file sistem yang hilang dikarenakan virus, sering menggonta ganti SIM Card sehingga slot sim cardnya mengalami kerusakan, terjadinya short pada IC SIM Card dan lain-lain.

Penanganan terakhir apabila tips-tips diatas tidak membuahkan hasil adalah dengan cara membawa handphone yang mengalami kerusakan tersebut kepada orang yang ahlinya yaitu jasa service untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

My Publish On Kompasiana -> http://www.kompasiana.com/pekick/sim-card-no-detect-di-android-help_5912084df17e61dd13ca19b5

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment