Home » , , » Mengenal Brainware pada Komputer

Mengenal Brainware pada Komputer

Posted by Kamar Pekick on Wednesday, 10 May 2017



computer


Computer atau komputer adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Istilah komputer sekarang ini lebih dikenal oleh orang-orang dengan nama PC (Personal Computer), mengapa demikian ? karena perangkot komputer dapat berfungsi untuk mengolah data yang dimulai dari memasukan data (input) sehingga menghasilkan sebuah keluaran (output) yang memberikan sebuah informasi. Komputer juga dapat mempermudah pekerjaan seseorang, karena komputer sudah dirancang oleh pembuat serta pengembangnya untuk melakukan hal itu.

PC (Personal Computer) adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh perorangan (pribadi) untuk melakukan sebuah pekerjaan ataupun hal-hal yang lainnya. Dimana fungsi utama dari Pc adalah mengolah data input kemudian menghasilkan output yang berupa sebuah data atau informasi sesuai dengan keinginan si pengguna (user).

Pc sekarang ini sudah banyak yang memilikinya seperti didalam perkantoran, dirumah-rumah, disekolah, ditoko-toko dan ditempat-tempat lainnya. Karena harga untuk Pc lebih relatif murah dan terjangkau.

Komputer/Pc tidak dapat melakukan pekerjaannya tanpa adanya komponen-komponen penting yang mendukungnya. Atau dapat dikatakan saling bekerja sama (saling membantu) antara komponen satu dengan komponen yang lainnya dan disokong oleh sebuah program dan sistem operasi untuk menyelaraskannya.

Komponen-komponen komputer/pc secara utuh adalah sebagai berikut:
1.        Processor
2.       Memory
3.       Motherboard
4.       Casing
5.       Power Suplay
6.       CDRom
7.       Monitor
8.       VGA
9.       Hardisk
10.   Keyboard & Mouse
Merupakan bagian Hardware (perangkat keras) yang dapat dilihat, diraba dan dirasakan. Komponen tersebut mempunyai fungsi dan cara kerjanya masing-masing.

Bagaimana komputer dapat bekerja ?
Menurut arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Komputer dapat bekerja karena adanya perintah pada masing-masing komponen, contohnya :
MemoryPemprosesan (CPU)Masukan Dan Hasil I/OInstruksiArsitekturProgramSistem Operasi

Perangkat Lunak (Software) Pada komputer
1.Sistem Operasi Komputer
Yang lebih dikenal dengan nama Operating System (OS) mempunyai fungsi sebagai Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemprosesan, memori, serta instalasi software.

2.Program Komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

Slot pada komputer
·         ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
·         AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
·         IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
·      USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

Brainware
Brainware adalah perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam komputer. Bukan hanya itu, ternyata brainware itu bukan hanya orang yang menggunakan komputer saja, namun orang yang merasakan manfaat dari komputer pun bisa di katakan Brainware.

Brainware dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari pembuat program (programmer), Technical Support, Designer Graphic, Operator, sampai user paling awam sekalipun.



Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment