Home » , » Laptop Anda Sering Hang? Inilah Salah Satu Penyebabnya !!!

Laptop Anda Sering Hang? Inilah Salah Satu Penyebabnya !!!

Posted by Kamar Pekick on Saturday, 22 April 2017

Laptop Anda Sering Hang? Inilah Salah Satu Penyebabnya !!!

Pernahkah kita merasakan laptop atau PC yang kita operasikan terasa lambat dan hang dekstop maupun not responding serta end procces? Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan laptop atau pc kita mengalami masalah tersebut (memakan banyak memory dan kapasitas disk), diantaranya adalah :
  • -Banyak program-program yang berjalan saat startup
  • -Adanya file services yang berjalan dari software-software  yang terpasang
  • -Service host: local system/service host: network memakan banyak memory ketika terhubung ke internet
  • -CPUberoperasi terlalu keras
  • -Ruang kapasitas memory banyak yang terpakai
  • -Banyaknya file sampah, cache, corrupt yang menumpuk di harddisk, harddisk sudah rusak
  • -Virus
  • -Program yang dijalankan oleh virus
  • -Membuka banyak aplikasi, dan problem software, system serta hardware lainnya.
Masalah tersebut kerap sekali kita temui dan membuat jengkel, ketika sedang melakukan pekerjaan dan aplikasi yang kita gunakan tidak menyimpan pekerjaan secara otomatis. Alhasil kita harus mematikan laptop atau pc kita secara paksa, dan itupun juga dapat membuat file system rusak serta corrupt. Jadi serba salah yaa.. hehhehehe
Di sini saya akan membahas permasalahan tersebut yang dialami oleh teman saya, ketika processes dan performance kapasitas memory serta disk menjadi 100% di task manager. Teman saya berasumsi bahwa hardisk laptopnya sudah rusak dan harus diganti, karena setiap membuka beberapa aplikasi, laptopnya selalu lag/hang ditambah bila terhubung ke internet, lampu indikator disk tidak berkedip dan aplikasi menjadi not responding dan kursor tidak bergerak terpaksa harus menunggu agar kembali normal lagi. Selain hardisk apakah karena VGA card atau Processornya juga bermasalah? terangnya teman saya.
VGA (Video Grapichs Accelerator): berfungsi untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital yang menampilkan output berupa visual ke layar monitor. VGA juga mempunyai processor GPU (Graphics Processing Unit) yang membutuhkan memory. VGA card mempunyai jenis dan fungsinya masing-masing. Semuanya tergantung dari besarnya aplikasi yang menggunakan VGA card, seperti games, design dan lain-lain itu sudah pasti banyak memakan memory.
Prosesor merupakan otak yang menjalankan proses-proses dan pengendali kerja dan kinerja komputer dengan dibantu oleh perangkat (hardware) lainnya. Secara mekanisme processor atau prosesor berguna untuk mengontrol sistem komputer yang sedang berjalan dan melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diinputkan. 
Processor menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah processor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Processor juga mempunyai jenis dan kinerja dari masing-masing pabrik pembuatannya.
Bagian terpenting dari processor adalah:
-Arithmatics Logical Unit (ALU) :Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
-Control Unit (CU) : Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
-Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi.
Setelah menjelaskan tentang VGA dan processor, sekarang kembali ke masalah harddisk laptop yang diduga rusak dan harus diganti. Kemungkinan kalau harddisk rusak dan memang harus diganti itu ketika harddisk tidak terbaca di bios, munculnya pesan “Hard Disk S.M.A.R.T. status bad, backup and replace” pada saat komputer atau laptop dihidupkan. Komputer atau laptop mengeluarkan suara yang aneh ketika dihidupkan. Kemungkinan ciri-ciri tersebut merupakan Bad sector fisik yang di mana piringan atau komponen yang terdapat didalam harddisk mengalami cacat dan kerusakan.
Sedangkan hardisk yang mengalami/kerusakan Bad sector logic mempunyai beberapa ciri-ciri diantaranya:
  • -Komputer atau laptop sering hang
  • -Kinerja komputer atau laptop menjadi terasa lambat dan berat
  • -Terjadinya crash pada system operasi dan freeze
  • -Tampil layar BSOD (Blue Screen Of Death) ketika komputer atau laptop dinyalakan atau pada saat sedang digunakan
  • -Muncul peringatan CHKDSK secara otomatis ketika komputer atau laptop dinyalakan dan ciri-ciri lainnya.
Kemungkinan harddisk bad sector logic bisa diperbaiki dengan software, karena kerusakan yang diakibatkan oleh errornya sistem partisi karena pemakaian atau karena virus.
Ada baiknya melakukan pengecekan terhadap file service yang berjalan di task manager, yang mana sekiranya program yang memberatkan atau membebani kinerja serta performa komputer atau laptop tersebut, cara ini dilakukan agar tidak membuat panik si pengguna laptop yang disebabkan karena kerusakan hardisk yang membuat kapasitas memory dan disk pun penuh 100% serta menghentikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.
Caranya bisa dengan menjalankan windows run (lambang bendera + R) => services.msc => cari “Superfetch” => double click => di Startup type pilih disable => apply dan ok. Kemudian cari “Windows search” dan pilih disable => apply dan ok. Restart komputer atau laptop. Mungkin cara tersebut setidaknya dapat membantu untuk menstabilkan kinerja dari sistem yang ada dilaptop maupun komputer.
Untuk penggunaan memory yang berjalan, tergantung dari besarnya aplikasi/software yang telah diinstal, kemungkinan yang memakan banyak memory dan selalu berjalan di task manager adalah: Antivirus, Web Browser, Antimalware Service Executable, Service Host Local Service, System (kinerja disk) dan program-program yang berkapasitas besar lainnya serta dapat membuat CPU pun untuk bekerja keras.
Adapun cara perawatan serta pemakaian harddisk:
  • -Jangan terlalu banyak menyimpan file-file yang dapat membuat harddisk penuh (partisi merah) karena dapat menurunkan kinerja komputer atau laptop diakibatkan kekurangan ruang memory (disk space)
  • -Jangan terlalu banyak membagi/membuat partisi harddisk
  • -Jangan terlalu sering menginstal-ulang OS windows
  • -Jangan terlalu sering mematikan laptop atau komputer dengan cara memaksa dengan menekan tombol power atau memutuskan arus listrik
  • -Jangan menggunakan laptop diatas kasur atau laptop digunakan diatas benda yang menyerap panas
  • -Lakukan defrag(jangan terlalu sering) untuk menghindari fragmentasi yang bisa membuat kinerja komputer atau laptop anda menurun. Dan masih banyak lagi perawatan yang lainnya.

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment