Home » , , » Belajar Java Dengan BlueJ

Belajar Java Dengan BlueJ

Posted by Kamar Pekick on Friday, 21 April 2017

Java Dengan BlueJ
Assalamualaikum Kawan2.. Pada kali ini Saya akan Memberikan Software Untuk membuat aplikasi dengan Program Java. Ada 2 Software yang di gunakan yaitu: Dengan BlueJ Dan Netbeans IDE.

Disini Saya akan Membahas tentang Membuat Class Dan Pakage Di BlueJ. Programnya saya Kasih Yg paling sederhana Aja Ya.. hhehehehe.. Oke Langsung saja Dah..

Cara Membuat Class pada BlueJ


Selanjutnya kita membuat sebuah project dengan cara tekan Project -> New Project.. Lalu buat nama project yang akan kita gunakan untuk membuat program java nantinya,
Setelah project dibuat maka akan menampilkan halaman seperti berikut ini.

Setelah project dibuat maka barulah kita bisa membuat program java dengan menambahkan suatu class dengan cara klik pada button New Class.. yang ada di sebelah kiri atas lalu setelah muncul halaman seperti dibawah buatlah nama untuk class-nya misalnya belajar. Maka akan menampilkan halaman seperti berikut ini.

Setelah selesai membuat class, maka akan ada sebuah file class yang mcuncul dengan nama belajar. Lalu, silahkan teman-teman klik 2x file class tersebut dan akan memunculkan tampilan seperti di bawah ini, dan silahkan teman-teman buat program java seperti posting-postingan saya sebelumnya.
Cara Membuat Package pada BlueJ

Selanjutnya saya akan membahas tentang cara membuat package pada BlueJ. Sebelum itu teman-teman sudah tahu apa itu Package? kalau belum, ini Penjelasannya.
Package adalah suatu cara untuk mengatur atau memanage class-class yang sudah kita buat. Jadi, dengan menggunakan package class-class yang kita buat akan dibagi menjadi beberapa kategori dan lebih terlihat teratur.
Sebenarnya dalam pembuatan package hampir sama saja dengan pembuatan class pada blueJ. Baiklah langsung saja. Pertama-tama klik kotak tempat file java berada, lalu pilih new package… Ctrl+R seperti gambar dibawah ini.

Lalu setelah di klik, akan muncul jendela seperti berikut. Lalu tuliskan nama package yang akan dibuat misalnya Pelajaran.

 Maka akan menjadi seperti berikut ini.

Buka package “Pelajaran” dengan cara klik 2 kali pada Pelajaran. Lalu silahkan teman-teman membuat class seperti tutorial sebelumnya.




Contoh program paling sederhananya:

untuk melakukan kompilasi pada program java (dalam kasus ini blueJ) menggunakan perintah javac yang sudah terdapat di dalam Java Development Kit (JDK). contoh:

javac< nama-program>

perintah di atas akan menghasilkan file *.class, kemudian jalankanlah dengan perintah java, dengan sintaks sebagai berikut:

Java <nama-classjava>

latihan 1.belajar.java

public class belajar {

public static void main (String [] args){

System.out.println (“selamat datang di kamar pekick”);

}

}

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment